Perbandingan Rem Cakram dengan Rem Tromol
Bab
I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Semakin
berkembangnya teknologi membuat para produsen kendaraan belomba- lomba untuk
mengembangkan teknologi yang mutakhir pada setiap produk yang akan dipasarkan
tak terkecuali pada kendaraan roda dua. Konsumen dibuat bingung dengan
berkembangnya teknologi yang sangat pesat sehingga harus lebih maksimal dalam
memilih teknologi pada kendaraan roda dua yang akan digunakan olehnya.
Produsen
kendaraan roda dua saat ini banyak yang menggunakan teknologi tersebut, yaitu
Rem Cakram dan Rem Tromol. Adapun penerapan teknologi tersebut telah diabdopsi
oleh produsen ternama yaitu Honda. Produk dengan Rem Cakram pada motor honda Verza
150CC dan produk dengan Rem Tromol pada motor honda Revo. Teknologi tersebut
mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.
1.2 Tujuan Penulisan
Setiap penulisan
memiliki tujuan agar materi yang akan dibahas lebih tertata rapi dan lebih
struktur. Adapun tujuan dari penulisan ini sebagai berikut:
1. Mengetahui
pengertian Rem Cakram dan Rem Tromol
2. Mengetahui
Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol
Bab
II
Landasan
Teori
2.1 Pengertiaan Rem
Cakram dan Rem Tromol
Sebelum kita mengetahui pengertian rem cakram dan rem tromol,
sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian rem. Rem adalah suatu
peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, secara otomatis
gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang
bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Pada dasarnya ada 2
jenis rem yang umumnya digunakan pada motor yaitu :
1. Rem Cakram (Disk Brake)
Rem Cakram adalah rem
yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda
kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan
oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
2.
Rem Tromol (Drum Brake)
Rem Tromol adalah rem yang bekerja atas dasar
gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan
putaran roda kendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi laju motor secara
perlahan.
Berikut adalah gambar
dari rem cakram dan rem tromol
2.2 Perbandingan
Rem Cakram dan Rem Tromol
Rem Cakram (Disk
Brake)
|
Rem Tromol (Drum
Brake)
|
Tidak perlu
menginjak rem terlalu keras karena dibantu oleh fluida (hidrolis) untuk
menggerakkan piston yang mendorong kampas rem.
|
Lebih berat karena
murni tenaga manual untuk menginjak rem.
|
Kampas tidak cepat
panas (memiliki pelepasan panas yang lebih baik)
|
Lebih cepat panas
(minim pembuangan panas)
|
Hasil pengereman
dapat mencapai 100% (karena menggunakan prinsip “menjepit”)
|
Daya pengereman
maksimal hanya sekitar 70% (karena kampas rem tidak seluruhnya menempel pada
tromol roda)
|
Durabilitas lebih
baik (pada jalan menurun)
|
Rem tidak pakem saat
banjir (karena perangkat rem dipenuhi air)
|
Daya pengereman
lebih bergantung kepada lebar cakram dan kekuatan piston
|
Permukaan gesek yang
lebih lebar dengan kinerja pengereman yang lebih lembut
|
Konstruksinya dan
sistem pengeremannya terbuka (kaliper berpotensi ditumpuki kotoran yang
mengeras dan dapat merusak cakram)
|
Konstruksi tertutup
(kampas tidak gampang rusak terkena kotoran dari luar)
|
Bab III
Penutup
3.1 Kesimpulan
Dari penjelasan dan perbandingan diatas
kita dapat melihat bahwa rem cakram lebih baik dibandingkan dengan rem tromol.
Dengan kelebihan tersebut tentu kita bisa maklum bahwa motor dengan rem cakram
akan dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal.
Referensi :
http://www.hondacengkareng.com
http://maftuhahmad33.blogspot.co.id
Komentar
Posting Komentar