Perbandingan Rem Cakram dengan Rem Tromol

Bab I
Pendahuluan


1.1  Latar Belakang Masalah
Semakin berkembangnya teknologi membuat para produsen kendaraan belomba- lomba untuk mengembangkan teknologi yang mutakhir pada setiap produk yang akan dipasarkan tak terkecuali pada kendaraan roda dua. Konsumen dibuat bingung dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat sehingga harus lebih maksimal dalam memilih teknologi pada kendaraan roda dua yang akan digunakan olehnya.
Produsen kendaraan roda dua saat ini banyak yang menggunakan teknologi tersebut, yaitu Rem Cakram dan Rem Tromol. Adapun penerapan teknologi tersebut telah diabdopsi oleh produsen ternama yaitu Honda. Produk dengan Rem Cakram pada motor honda Verza 150CC dan produk dengan Rem Tromol pada motor honda Revo. Teknologi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

1.2  Tujuan Penulisan
Setiap penulisan memiliki tujuan agar materi yang akan dibahas lebih tertata rapi dan lebih struktur. Adapun tujuan dari penulisan ini sebagai berikut:
1.    Mengetahui pengertian Rem Cakram dan Rem Tromol

2.    Mengetahui Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol


Bab II
Landasan Teori

2.1 Pengertiaan Rem Cakram dan Rem Tromol
Sebelum kita mengetahui pengertian rem cakram dan rem tromol, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian rem. Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, secara otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Pada dasarnya ada 2 jenis rem yang umumnya digunakan pada motor yaitu :
1.    Rem Cakram (Disk Brake)
Rem Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
2.    Rem Tromol (Drum Brake)
Rem Tromol adalah rem yang bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi laju motor secara perlahan.
Berikut adalah gambar dari rem cakram dan rem tromol

2.2    Perbandingan Rem Cakram dan Rem Tromol
Rem Cakram (Disk Brake)
Rem Tromol (Drum Brake)
Tidak perlu menginjak rem terlalu keras karena dibantu oleh fluida (hidrolis) untuk menggerakkan piston yang mendorong kampas rem.
Lebih berat karena murni tenaga manual untuk menginjak rem.
Kampas tidak cepat panas (memiliki pelepasan panas yang lebih baik)
Lebih cepat panas (minim pembuangan panas)
Hasil pengereman dapat mencapai 100% (karena menggunakan prinsip “menjepit”)
Daya pengereman maksimal hanya sekitar 70% (karena kampas rem tidak seluruhnya menempel pada tromol roda)
Durabilitas lebih baik (pada jalan menurun)
Rem tidak pakem saat banjir (karena perangkat rem dipenuhi air)
Daya pengereman lebih bergantung kepada lebar cakram dan kekuatan piston
Permukaan gesek yang lebih lebar dengan kinerja pengereman yang lebih lembut
Konstruksinya dan sistem pengeremannya terbuka (kaliper berpotensi ditumpuki kotoran yang mengeras dan dapat merusak cakram)
Konstruksi tertutup (kampas tidak gampang rusak terkena kotoran dari luar)







































Bab III
Penutup


3.1 Kesimpulan
   Dari penjelasan dan perbandingan diatas kita dapat melihat bahwa rem cakram lebih baik dibandingkan dengan rem tromol. Dengan kelebihan tersebut tentu kita bisa maklum bahwa motor dengan rem cakram akan dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal.




Referensi :
http://www.hondacengkareng.com
http://maftuhahmad33.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Perhitungan Daya Pada AC ( Air Conditioner )

Kelebihan dan Kekurangan shock Breaker Jenis Telekopik dan Upside down

Perbandingan Perhitungan Daya Pada Dispenser