cara memanfaatkan waktu secara optimal
Gimana sih cara memanfaatkan waktu secara
optimal ?
Pernah
gak sih lu punya temen yang serba bisa dalam segala hal ? Dulu waktu gua masih
kuliah, gua punya temen yang pinter banget, IPKnya nyaris sempurna, aktif jadi
ketua organisasi kampus, jago maen bola, maen game-nya susah dikalahin, punya
banyak gebetan, dan bisa jadi dia juga rajin menabung dan tidak sombong.
Pokoknya tipikal dambaan setiap calon ibu mertua deh !
Nah
biasanya seenggaknya kita bakal nemuin orang ajaib kayak gini dalam hidup kita.
Tapi sebenernya, apa sih yang bikin orang-orang kayak gitu bisa mengerjakan
begitu banyak hal ? Sementara kita buat bikin PR Matematika aja males buanget,
uring-uringan dan ujung-ujungnya malah nyalin jawaban temen pas istirahat.
Nah
di blog kita kali ini, gua mau sharing sedikit pengetahuan gua tentang gimana
sih caranya manfaatin waktu secara optimal. Moga-moga bisa bermanfaat buat
kalian, this gonna take quite long, so brace yourself !
Oke,
kalo kita bicara soal waktu, bisa jadi itu adalah hal yang paling mewah dan
paling mahal yang kita punya selama hidup. Dengan waktu yg kita punya kita bisa
gunain buat ngelakuin semua hal dlm hidup seperti maen, pacaran, baca buku,
nonton film, belajar, kerja, cari duit, dlsb.. Nah untungnya, selama kita
semua masih tinggal di planet bumi ini, kita semua punya waktu 24 jam
sehari dan 7 hari seminggu buat melakukan aktivitas kita - gak kurang
dan gak lebih buat semua orang.. Nah, tapi sialnya nih waktu kita tuh terbatas
sementara hal-hal yang kita pengen lakuin gak terbatas. Jadi kita gak
akan pernah punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen.
Nah lho gimana tuh.. !
Tapi terlepas dari keterbatasan
waktu yang kita punya, ada aja nih orang-orang yang jago banget manfaatin waktu
yang mereka punya sehingga bisa meraih begitu banyak prestasi di usia yang
sangat muda, sementara ada orang yang terlalu banyak ngabisin waktu buat
hal-hal gak penting.. Nah, sejauh ini lu termasuk yang mana hayo ??
Oke, sekarang gua akan
coba bahas hal ini dengan ambil contoh yang familiar dlm kehidupan pelajar
kayak kalian deh, coba sekarang apa sih yang bikin sebagian besar dari
kita males buat belajar ?? Dari sekian banyak masalah, gua ambil dua aja yang
bisa jadi paling sering alami :
1. Kebiasaan Nunda
Nah ini dia nih
penyakit kronis yang sering banget muncul dan menghantui umat manusia sepanjang
jaman.. Kebiasaan nunda ! Nunda belajar lah, nunda ngerjain
tugas lah, nunda bikin PR lah.. Bahkan yang lebih parah, diantara kita bahkan
memilih untuk bersikap pasif dan nunggu buat disuruh, baik sama orang laen,
maupun nunggu disuruh sama keadaan. TAPI anehnya kok kalo maen game, baca
komik, pacaran, gak pernah ditunda-tunda dan gak pernah nunggu disuruh yah ??
Hahaha..
2. Ga fokus Waktu
Ngejalaninnya
Nah, masalah
berikutnya yang biasa kita temui setelah kita udah bisa niatin diri kita buat
belajar adalah gak fokus / gak konsen dalam ngejalaninnya. Jaman sekarang
buanyak banget yang bisa ngalihin fokus kita dalam ngerjain segala sesuatu,
dari mulai facebook, twitter, bbm, whatsapp, youtube, game, komik, dlsb..
Jadinya, waktu yang kita udah luangkan buat hal-hal bermanfaat, terkikis juga
buat hal-hal yang gak terlalu penting dan cenderung keterusan. Hal ini juga nih
yang biasanya bikin kita gak bisa manfaatin waktu secara optimal.
=============================================================================
Nah kok bisa sih 2
penyakit ini muncul terus dan gimana cara ngatasinnya? Now, if I may..
gua mau sharedikit pengetahuan gua dan juga trick-trick yang
gua pikir mungkin bisa lu lakuin yang bisa jadi bermanfaat buat lu.
Ok pertama, apa sih
yang sebenernya bikin kita males, gak niat, suka nunda, nunggu disuruh, dan gak
fokus ? Basically dari pengamatan gua, yang nyebabin semua itu
karena sebenernya kita gak tau apa manfaat yang akan kita dapetin kalo
kita ngerjain semua itu.. Kita gak bikin goal atau tujuan yang sebenernya
kita pengen capai. Jadinya ibarat maju tanpa arah dan cuma ngikutin arus
doank. Jadinya ya kita gak bakal termotivasi buat ngelakuin itu.
Coba bayangin deh 15
tahun lagi kira-kira kalo ada wartawan yang bakal nulis ttg kisah sukses lu, lu
kepengen mereka nulis tentang apa ? Apakah lu sebagai seorang pemaen bola?
artis dangdut? atoscientists ? Ini keliatannya sepele tapi
sbenernya penting banget menurut gua. Karena selama kita gak tau apa yang
pengen kita lakuin ke depannya, gimana kita bisa ngerti seberapa penting yang
kita lakuin sekarang buat mencapai itu semua.
Nah sekarang kalo lu
belum ngerti apa yang lu pengen lakuin ke depannya, berarti tugas lu adalah
buat nyari tau tentang hal itu. Kalo lu udah tau, berarti tugas berikutnya
adalah membuat perencanaan step by step gimana supaya
hal itu tercapai ! Untuk bikin perencanaan yang efektif,
kita harus balik lagi kestatement gua di atas, bahwa gak mungkin
kita punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen. Makanya kita
perlu tau yang namanya prioritas ! Nah, dalam pengambilan
keputusan sehari-hari biasanya kita dihadapkan pada 4 kategori situasi :
Nah sebelum kita
dalemin satu per satu kuadran di atas, ada baiknya kita menyepakati definisi
dari "penting" dan "mendesak", Oke? Definisi yang gua
rumuskan untuk pembahasan kita kali ini adalah :
Penting : Semua kegiatan yang relevan / sejalan dengan visi hidup,
obsesi, cita-cita, atau apapun yang jadi tujuan jangka panjang lu.
Mendesak : Semua kegiatan yang kalo gak lu lakukan dengan segera, lu ga
akan dapet kesempatan lain untuk melakukan hal itu lagi.
1. Penting dan
Mendesak, sesuatu yang tidak
terduga terjadi di luar perencanaan. Contohnya : rumah dan segala harta benda
lu kebakaran, lu ngejar deadline penting mendadak yang relevan dgn cita-cita
lu, dll.
2. Penting dan Tidak
Mendesak, Nah ini dia hal-hal
penting jadi ngedukung cita-cita, visi hidup, dan obsesi lu. Contohnya :
Baca buku-buku berkualitas, olahraga teratur, belajar banyak hal, bangun
koneksi, dll.
3. Tidak penting dan
Mendesak, contohnya : angkat
telepon, angkat jemuran waktu ujan, buka pintu kalo ada yang ngetok, ngintip
rok cewek, dll.
4. Tidak penting dan
tidak mendesak, contohnya : mandi,
gosok gigi, nyabutin rumput tetangga, nimba sumur, dll.
Please ignore kuadran 3 dan 4 dan coba kita fokus pada
nomer 1 dan 2. Nah, sebisa mungkin segala hal yang penting itu kita arahkan
jadi situasi kuadran 2, sehingga segala sesuatu yang penting jadi tidak
mendesak. Artinya, segala sesuatu yang penting akan terjadi sesuai
dengan perencanaan dan persiapan kita.
Nah dalam membuat perencanaan,
lu gak perlu bikin semuanya strict terhadap waktu, jadi seolah-olah rencana
tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian kalian... itu semua strict demi
mencapai cita-cita luhur kalian itu. Gak perlu sampe gitu juga kali..
Yang penting dalam
membuat rencana itu lu buat aja dengan porsi yang wajar dan realistis, bikin step
by step contohnya misalnya lu mau jadi ahli fisika teori seperti Michio Kaku atau Brian Greene yang mencoba mengungkap
misteri hukum fisika dasar yang menggerakan seluruh alam semesta. Ya berarti
misi step by step yang harus dijalanin itu fokus gimana caranya jadi ahli
fisika teori. Belajar fisika yang rajin, sering baca-baca jurnal sains, diskusi
sama guru fisika kamu, kejar jurusan fisika murni di universitas keren,
kejar beasiswa buat S2 & S3 di bidang theoretical physics,
dst.. Hal yang sama juga berlaku kalo kamu mau jadi pemaen bola atau penyanyi
dangdut !
Nah kuncinya yang
nomer satu selama lu jalanin rencana step by step ini adalah KEDISIPLINAN.
Disiplin itu penting banget ! Menurut Jim Collins dalam Great by Choice, kunci
kenapa perusahaan-perusahaan raksasa itu bisa tetap bertahan dan berkembang bukan
karena mereka lebih kreatif, bukan karena lebih inovatif, bukan juga karena
lebih termotivasi, tapi karena DISIPLIN !
Disiplin yang gua
maksud itu bukan berarti segalanya harus tepat waktu, tapi inti dari
kedisiplinan itu : Lu konsisten dalam ngerjain segala sesuatu sesuai
dengan goal atau obsesi yang mau lu capai. Dengan kita konsisten sama diri
kita sendiri, maka dengan sendirinya lu lebih rela untuk mensiasati dan
mengorbankan semua distraction, gangguan, dan hal-hal gak penting
dalam mencapai tujuan lu. Dan itulah sebenernya prinsip dari time
management, kunci gimana kita bisa manfaatin waktu yang terbatas secara
optimal.
Nah berikut ini
beberapa trick dari gua share gimana langkah-langkah
realistis yang kalian bisa ambil dalam waktu dekat supaya lu bisa gunain waktu
lu dengan optimal :
- Berani
Proaktif ! Artinya lu harus bisa
menentukan setiap tindakan lu secara independen, jangan mau disetir sama
lingkungan, sama temen, atau siapapun. Berani katakan tidak untuk hal-hal
yang menurut lu gak penting sementara lu punya hal penting lain yang lebih
relevan dengan goal dan obsesi lu.
- Siasati distraction /
gangguan yang emang berpotensi buat lu ilang fokus. Contohnya dulu gua pernah bertekad ngabisin 2
buku yang selama ini pengen gua baca dalam 3 hari doank, dan untuk
merealisasikan itu gua bener-bener matiin hape dan internet dalam 3 hari !
Hal yang sama juga bisa berlaku kalo lu namatin game
- Bantu
stimulus otak lu buat selalu in the mood, ini bisa lu siasati dengan merubah posisi kamar,
pasang tulisan-tulisan penyemangat di desktop atau hp, dan bisa juga
dengan atur musik yang lu denger.. Jangan dengerin lagu-lagu patah hati
yang selalu bikin lu inget mantan ! Contohnya kalo gua dulu skripsi atau
lagi ngerjain sesuatu yang butuh fokus tinggi. Gua selalu muter soundtrack Final Battle Game Mass Effect 2 yang
super dramatis dan membangkitkan semangat.. and it works for me !
- Buat schedule plan
! Nih sekarang tuh buanyaak
banget aplikasi yang bisa lu pake di handphone, tablet, laptop, atau PC
buat bantu lu mendisiplinkan diri terhadap jadwal. Ada yang namanyagoogle calendar, evernote, trello, asana, whatever.. Gua
pribadi gunain evernote buat bantu gua buat produktif dan disiplin dalam
kerja, berorganisasi, maupun bisnis pribadi gue.
- Tentuin
mana prioritas dalam schedule ! Jangan
harap 100% yang lu tulis dalam schedule itu akan jadi kenyataan. Pasti
ada-ada aja deh dari sekian banyak hal yang udah kita rencanain itu yang
ga akan berjalan sesuai rencana semula.. dan itu emang wajar kok ! unpredictable
things can be happens anytime, anywhere ! Terus gimana dnk ? Nah
ini dia saatnya buat lu tentuin kegiatan apa yang perlu lu prioritaskan
dan penting untuk mencapai apa yang bener-bener lu inginkan. Misalnya dari
sekian banyak hal yang lu kerjakan, lu bisa bikin kategori mana yang
penting (sejalan sama obsesi lu) dan mana yang gak sejalan. Udah gitu lu
bisa eliminasi kegiatan yang udah gak sejalan sama visi jangka panjang
lu. Jadinya, apapun yang terjadi, buatlah keputusan yang
didasarkan pada kepentingan jangka panjang lu.
So gua coba rangkum
dikit yah dari apa yang gua tulis tentang cara manfaatin waktu secara optimal,
pertama lu harus tentuin dulu apa yang sebenernya jadi obsesi dan visi hidup lu
ke depan. Baru setelah itu, lu buat perencanaan misi-misi step by step yang
realistis supaya lu mencapai itu. Disiplin dan konsisten sama apa yang lu
percaya dan yang jadi obsesi lu sendiri. Buat jadwal dan tentukan prioritas !
Referensi :
www.zenius.net
www.zenius.net
Komentar
Posting Komentar