Bedah Teknologi Terbaru All New Satria F150 FI
Bab
I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Semakin
berkembangnya teknologi membuat para produsen kendaraan belomba-lomba untuk
mengembangkan teknologi yang mutakhir pada setiap produk yang akan dipasarkan
tak terkecuali pada kendaraan roda dua. Konsumen dibuat bingung dengan
berkembangnya teknologi yang sangat pesat sehingga harus lebih maksimal dalam
memilih teknologi pada kendaraan roda dua yang akan digunakan olehnya.
Produsen
kendaraan roda dua saat ini banyak yang menggunakan teknologi terbaru, diharapkan
dengan teknologi terbaru ini lebih efisien terhadap bahan bakar dan nyaman
dalam pemakaian, seperti produk Suzuki yang baru-baru ini mengeluarkan
produk-nya yaitu All New Satria F150 FI. Berikut pembahasan mengenai produk
Suzuki akan dibahas lebih lengkap.
1.2 Tujuan Penulisan
Setiap penulisan
memiliki tujuan agar materi yang akan dibahas lebih tertata rapi dan lebih
struktur. Adapun tujuan dari penulisan ini sebagai berikut:
1. Mengetahui
Penjelasan bagian-bagian sepeda motor All New Satria F150 FI
Bab II
Landasan Teori
2.1 Penjelasan bagian-bagian sepeda motor All New Satria F150 FI
PT Suzuki Indomobil Sales memperbaruhi dari motor satria F150 karbu ke satria F150 FI dengan amunisi mesin yang lebih menantang dari versi sebelumnya diklaim mencapai 18 HP, Motor Suzuki Satria F150 Injeksi digadang akan menjadi saingan berat seri Honda Sonic 150R. Jika dahulu satria adalah motor yang masuk dalam daftar boros bahan bakar, kini teknologi seri terbarunya sudah dipasang injeksi dan mesinnya sudah superior mengabdaptasi motor besar GSX-R 1000. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa penjelasan bagian-bagian sepeda motor All New Satria F150 FI :
1. Mesin
All New Satria tetap menggunakan dimensi
bore dan stroke 62.0mm x 48.8mm namun kini penambahan rasio pada kompresi
menjadi 11.5mm dari yang belumnya 10.2mm. berkat ujung katup yang kini dibuat
lebih lebar, pembakaran jadi lebih maksimal dengan peningkatan mencapai 11%.
Adapun
Curva Perbandingan Performa Mesin Satria
2. Fuel Injection / FI
All
New Satria F150 menggunakan mesin Fuel
Injection dengan mengadopsi & sensor yang terdapat di Motor Besar
Suzuki (GSX-R 1000 ) antara lain sensor :
-
Sensor 02 - Throttle Sensor
-
Sensor suhu / Tekanan Air - Sensor Tekanan Udara
-
Sensor Udara - Sensor posisi Crankshaft
Diagram Alur Kerja Electronic Control Module ( ECM )
3. Spray Injector
Menggunakan model terbaru 2-Spray Injector berdasarkan teknologi
GSX-R yang menyuntikan 2 katup intake
dari arah berbeda untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pertama dan satu
satunya dikelas Hyper Underbone.
4. Optimaslisai
Port Intake dan Exhaust
Aliran intake didesain ulang serta makin dioptimalkan dengan teknologi leveraging yang dikembangkan untuk mesin
balap. Dengan katup dan diameter body
throttle yang lebih besar, kinerja intake-exhaust
jadi lebih optimal dan output tenaganya pun makin maksimal.
5. Katup
Throttle
All
New Satria F150 menggunakan katup throttle
berdiameter 32mm, terlebar dikelasnya. Peningkatan ini menjadikan konsumsi
bahan bakar lebih efisien saat rpm tinggi maupun saat power maksimal.
6. Radiator
dan Spray Injector
All new satria F150 menggunakan mesin liquid-cooled sehingga membuat kinerja
pendingan mesin semakin baik dan tetap konsisten walapun sedang bekerja keras.
7. Box
Saringan Udara
Performa mesin makin meningkat berkat
ukuran Air Cleaner Box yang
diperbesar mencapai 24%. Walapun ukuran air
cleaner box dibuat besar, tapi angka motor tetap dibuat ramping.
8. Silinder
SCEM
Model terbaru menggunakan SCEM (Suzuki Composit Electrohemical Material)
yang diadaptasi dari motor sport
Suzuki. Teknologi ini memungkinkan silinder yang terbuat dari alumunium
keras memiliki bobot lebih ringan.
9. Rangka
Bobot
kendaraan berpusat pada satu titik tengah sehingga lebih mudah dikendarai untuk
bermanuver dengan ukuran body yang kompak.
10. Knalpot
Diameter pipa knalpot All New Satria didesain
semaikn lebar dari 25.4mm jadi 31.8mm untuk memaksimalkan output power
direntang rpm rendah dan tinggi, serta mengoptimalkan respon diseluruh rentang
rpm.
11. Casting Wheel
12. Ban
Desain ban baru dengan pola yan dibuat lebih
sporty untuk meningkatkan kestabilan yang baik saat kecepatan tinggi, baik
dijalan lurus maupun berbelok. Selain itu akselerasi motor jadi meningkat dan
lebih efisien bahan bakar mencapai 6%. Contohnya ban motor balap tidak ada
ulirnya.
13. Desain
Tempat Duduk
14. Pijakan Kaki
Foostep depan bisa ditekuk
untuk menyesuaikan kondisi pengendara saat berbelok. Selain itu juga membuat
motor makin sporty.
15. Tempat
Penyimpanan Barang
All New Satria mempunyai bagasi untuk
menyimpan HP, Kacamata, maupun jas hujan sehingga pengendara bisa bebas
menyimpan barang bawaan (hanya muat salah satunya).
16. Electric Starter
Inovasi pertama dikelas
Underbone 150cc. Cukup dengan sekali tekan makan mesin akan langsung menyala.
Fitur ini mengadapsi motor besar Suzuki GSX-R 1000 yang mengoperasikan tanpa
harus menarik kopling.
17. Shutter Key
Desain shutter
key all new Satria Mengunakan kunci kontak bermagnet otomatis, pertama dan
satu-satunya dikelas sport underbone. Hanya dengan menekan tanpa memutar, tutup
kunci akan otomatis terbuka, lebih praktis dioperasikan dan lebih aman
mengurangi resiko pencurian. Sistem shutter keu terbaru yang dilengkapi dengan
magnetic sehingga memudahkan pengguna untuk menoperasikannya. Cukup menekan
kepala kunci dibagian magneticnya, maka penutup kunci otomatis terbuka.
18. New LED Headlamp
19. Speedometer Full Digital
Bab III
Kesimpulan
3.1 Kesimpulan
Fitur-fitur yang disediakan pada kendaraan sepeda motor All New Satria F150 FI diharapkan dengan teknologi terbaru dan canggih tersebut membuat para pengendara lebih nyaman, mudah dalam penggunaanya dan efisien terhadap bahan bakar saat pemakaian berlangsung.
Referensi :
satuaspal.com
IWBspeed.com
Komentar
Posting Komentar