Bedah Teknologi Terbaru All New Satria F150 FI

Bab I
Pendahuluan


1.1  Latar Belakang Masalah
Semakin berkembangnya teknologi membuat para produsen kendaraan belomba-lomba untuk mengembangkan teknologi yang mutakhir pada setiap produk yang akan dipasarkan tak terkecuali pada kendaraan roda dua. Konsumen dibuat bingung dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat sehingga harus lebih maksimal dalam memilih teknologi pada kendaraan roda dua yang akan digunakan olehnya.
Produsen kendaraan roda dua saat ini banyak yang menggunakan teknologi terbaru, diharapkan dengan teknologi terbaru ini lebih efisien terhadap bahan bakar dan nyaman dalam pemakaian, seperti produk Suzuki yang baru-baru ini mengeluarkan produk-nya yaitu All New Satria F150 FI. Berikut pembahasan mengenai produk Suzuki akan dibahas lebih lengkap.

1.2  Tujuan Penulisan
Setiap penulisan memiliki tujuan agar materi yang akan dibahas lebih tertata rapi dan lebih struktur. Adapun tujuan dari penulisan ini sebagai berikut:
1.    Mengetahui Penjelasan bagian-bagian sepeda motor All New Satria F150 FI 



Bab II
Landasan Teori


2.1 Penjelasan bagian-bagian sepeda motor All New Satria F150 FI
      PT Suzuki Indomobil Sales memperbaruhi dari motor satria F150 karbu ke satria F150 FI dengan amunisi mesin yang lebih menantang dari versi sebelumnya diklaim mencapai 18 HP, Motor Suzuki Satria F150 Injeksi digadang akan menjadi saingan berat seri Honda Sonic 150RJika dahulu satria adalah motor yang masuk dalam daftar boros bahan bakar, kini teknologi seri terbarunya sudah dipasang injeksi dan mesinnya sudah superior mengabdaptasi motor besar GSX-R 1000. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa penjelasan bagian-bagian sepeda motor All New Satria F150 FI :


1. Mesin
  All New Satria tetap menggunakan dimensi bore dan stroke 62.0mm x 48.8mm namun kini penambahan rasio pada kompresi menjadi 11.5mm dari yang belumnya 10.2mm. berkat ujung katup yang kini dibuat lebih lebar, pembakaran jadi lebih maksimal dengan peningkatan mencapai 11%.



Adapun Curva Perbandingan Performa Mesin Satria



2. Fuel Injection / FI
  All New Satria F150 menggunakan mesin Fuel Injection dengan mengadopsi & sensor yang terdapat di Motor Besar Suzuki (GSX-R 1000 ) antara lain sensor :
-        Sensor 02                                            - Throttle Sensor
-        Sensor suhu / Tekanan Air                  - Sensor Tekanan Udara
-        Sensor Udara                                      - Sensor posisi Crankshaft



Diagram Alur Kerja Electronic Control Module ( ECM )



3. Spray Injector
    Menggunakan model terbaru 2-Spray Injector berdasarkan teknologi GSX-R yang menyuntikan 2 katup intake dari arah berbeda untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pertama dan satu satunya dikelas Hyper Underbone.



4. Optimaslisai Port Intake dan Exhaust
    Aliran intake didesain ulang serta makin dioptimalkan dengan teknologi leveraging yang dikembangkan untuk mesin balap. Dengan katup dan diameter body throttle yang lebih besar, kinerja intake-exhaust jadi lebih optimal dan output tenaganya pun makin maksimal.



5. Katup Throttle
    All New Satria F150 menggunakan katup throttle berdiameter 32mm, terlebar dikelasnya. Peningkatan ini menjadikan konsumsi bahan bakar lebih efisien saat rpm tinggi maupun saat power maksimal.



6. Radiator dan Spray Injector
    All new satria F150 menggunakan mesin liquid-cooled sehingga membuat kinerja pendingan mesin semakin baik dan tetap konsisten walapun sedang bekerja keras.



7. Box Saringan Udara
    Performa mesin makin meningkat berkat ukuran Air Cleaner Box yang diperbesar mencapai 24%. Walapun ukuran air cleaner box dibuat besar, tapi angka motor tetap dibuat ramping.



8. Silinder SCEM
    Model terbaru menggunakan SCEM (Suzuki Composit Electrohemical Material) yang diadaptasi dari motor sport Suzuki. Teknologi ini memungkinkan silinder yang terbuat dari alumunium keras  memiliki bobot lebih ringan.



9. Rangka
    Bobot kendaraan berpusat pada satu titik tengah sehingga lebih mudah dikendarai untuk bermanuver dengan ukuran body yang kompak.



10. Knalpot
      Diameter pipa knalpot All New Satria didesain semaikn lebar dari 25.4mm jadi 31.8mm untuk memaksimalkan output power direntang rpm rendah dan tinggi, serta mengoptimalkan respon diseluruh rentang rpm.



11. Casting Wheel



12. Ban

Desain ban baru dengan pola yan dibuat lebih sporty untuk meningkatkan kestabilan yang baik saat kecepatan tinggi, baik dijalan lurus maupun berbelok. Selain itu akselerasi motor jadi meningkat dan lebih efisien bahan bakar mencapai 6%. Contohnya ban motor balap tidak ada ulirnya.



13. Desain Tempat Duduk



14. Pijakan Kaki
      Foostep depan bisa ditekuk untuk menyesuaikan kondisi pengendara saat berbelok. Selain itu juga membuat motor makin sporty.


15. Tempat Penyimpanan Barang
      All New Satria mempunyai bagasi untuk menyimpan HP, Kacamata, maupun jas hujan sehingga pengendara bisa bebas menyimpan barang bawaan (hanya muat salah satunya).


16. Electric Starter
      Inovasi pertama dikelas Underbone 150cc. Cukup dengan sekali tekan makan mesin akan langsung menyala. Fitur ini mengadapsi motor besar Suzuki GSX-R 1000 yang mengoperasikan tanpa harus menarik kopling.


17. Shutter Key
      Desain shutter key all new Satria Mengunakan kunci kontak bermagnet otomatis, pertama dan satu-satunya dikelas sport underbone. Hanya dengan menekan tanpa memutar, tutup kunci akan otomatis terbuka, lebih praktis dioperasikan dan lebih aman mengurangi resiko pencurian. Sistem shutter keu terbaru yang dilengkapi dengan magnetic sehingga memudahkan pengguna untuk menoperasikannya. Cukup menekan kepala kunci dibagian magneticnya, maka penutup kunci otomatis terbuka.



18. New LED Headlamp



19. Speedometer Full Digital




Bab III
Kesimpulan


3.1 Kesimpulan
    Fitur-fitur yang disediakan pada kendaraan sepeda motor All New Satria F150 FI diharapkan dengan teknologi terbaru dan canggih tersebut membuat para pengendara lebih nyaman, mudah dalam penggunaanya dan efisien terhadap bahan bakar saat pemakaian berlangsung.


Referensi :
satuaspal.com
IWBspeed.com











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Perhitungan Daya Pada AC ( Air Conditioner )

Kelebihan dan Kekurangan shock Breaker Jenis Telekopik dan Upside down

Perbandingan Perhitungan Daya Pada Dispenser